Jumat, 12 Juni 2009

supaya tidak mudah tersinggung.......

Tersinggung Ya

Pagi tadi saya sempat melerai sopir angkot dan seorang pengendar motor yang akan berkelahi, karena supir angkot tersinggung dengan ucapan sang pengendara motor yang mengeluarkan kata-kata kotor kepada sang supir anggkot. Tanpa disadari kita sebagai manusia dalam hubungan interaksi sosial dengan sesama manusia kita sering merasa tersinggung baik itu sengaja ataupun tidak sengaja. banyak akibat dari rasa tersinggung itu; ada yang marah, sedih, kecewa, bahkan ada yang dendam. Banyak tindakan kekerasan juga lahir karena rasa tersinggung. Jadi hati-hati dengan yang namanya "tersinggung" itu.

Karena kita adalah mahkluk sosial yang butuh berinteraksi dengan orang lain,tentu saja terjadi singgung-singgungan yang tidak selamanya menyenangkan. Hati yang bisa merasakan sakit dan tersinggung oleh orang lain hanya karena kata-kata saja.Aku pikir setiap manusia pasti pernah tersinggung. Entah karena ucapan,sikap atau tingkah laku orang lain.Bahkan hanya gara-gara ditatap saja bisa menyebabkan hati tersinggung, Kita kerap tersinggung oleh hal kecil.

Orang yang terlalu sensitif dan mudah tersinggung adalah orang yang sangat lemah. Kadar ketersinggungan apalagi didominasi perasaanitu pun sudah menunjukkan kelemahan mental manusia, apalagi saat kita meresponnya dengan menyinggung balik. Dua kelemahan yang mudah terjadi pada diri kita. Saat amarah datang, kelemahan mental manusia semakin menjadi. Penting Anda ingat saat-saat seperti itu ketika seseorang memperlakukan anda dengan tidak baik, saat itu kita mungkin berbelas kasih pada rasa amarah, berbuat justru yang merugikan diri sendiri, sehingga kondisi kita menjadi semakin tidak menguntungkan. Jadi kuncinya adalah mengendalikan kondisi kita dan oleh karenanya mengendalikan prilaku kita.

Banyak yang berpenampilan indah tetapi terhina, sebab dia tidak punya kesabaran, banyak orang yang akhirnya rugi padahal dia punya modal apa sebabnya karena dia tidak punya kesabaran. ketika kita merasa tersinggung dan tindakan yang diluar rasional kita yang kita lakukan apa yang terjadi, hanya kepuasan mental sesat yang kita dapat, tetapi selanjutnya hanya sebuah penyesalan abadi yang akan kita terima. Kisah tersinggung pun banya dimuat dikoran, contoh karena tersinggung ayah membunuh anaknya, karena tersinggung sahabat membantai sekeluarga sahabat temanya. karena tersinggung seorang bocah memperkosa temannya. dan banyak lagi.

apa yang harus kita lakukan untuk tidak mudah tersingung

1. Jaga Kata-kata mu... sesuatu yang mungkin terkesan biasa. Mungkin kadang-kadang terkesan tiada artinya. Hanya basa basi tetapi bisa dimaknai lain oleh lawan bicara kita, sering dari sebuah percandaan karena salah berucap membuat orang merasa tersinggung dan terjadilah sebuah perkelahian. ingat bahwa berkata-kata itu penting dan krusial Melalui kata2 kamu bisa memotivasi seseorang. Melalui kata-kata itu juga pula kamu bisa menghancurkan hidup seseorang.

2. Sabar dan Tidak Mudah Marah
Jika tidak ingin mudah tersinggung cari seribu satu alasan untuk bisa memaklumi orang lain. Namun yang harus diingat, berbagai alasan yang kita buat semata-mata untuk memaklumi, bukan untuk membenarkan kesalahan, sehingga kita dapat mengendalikan diri.

3. Belajar Memaafkan
Cobalah jadi orang pemaaf, karena orang pemaaf itu akan hidup dalam kedamaian, jadikan penghinaan orang lain kepada kita sebagai ladang peningkatan kulitas diri , dengan memaafkan orang yang menyakiti dan membalasnya dengan kebaikan

4. Cobalah Saling menghargai
ketersinggungan diri dapat terjadi karena diri kita merasa di lecehkan, atau direndahkahn, untuk menghindarinya cobalah saling menghargai, kita pasti ingin dihargai bukan, cobalah untuk menghargai orang lain seperti anda ingin dihargai orang lain hal ini dapat mencegah anda atau orang lain tersinggung.

sakit hati yang disebabkan karena tersinggungjauh lebih berbahaya dari sekedar penyakit hati hepatitis. Resiko fatal dari hepatitis adalah kematian buat sipenderita. Tapi kalau sakit hati karena tersinggung bisa menyebabkan kematian orang lain,teman bahkan saudara sendiri.

yah memang ketersinggung diri berawal dari hati, kita tidak bisa memaksa orang lain berbuat sesuai dengan keinginan kita. Yang bisa kita lakukan adalah memaksa diri sendiri menyikapi orang lain dengan sikap terbaik kita. Apa pun perkataan orang lain kepada kita. yang menyebabkan orang tersinggung karena menilai dirinya lebih dari kenyataan, merasa pintar, berjasa, baik, tampan, dan merasa sukses atau merasa memiliki drajat lebih dari orang lain. Tapi harus diingat bahwa manusia adalah sama.

"Janganlah Lemparkan sebutir batu pada permukaan danau yang tenang. Sekejap ia akan menimbulkan riak-riak gelombang. jangan menyinggung perasaan orang lain akan menghasilkan sebuah pertengkaran atau minimal rasa sakit hati pada orang lain"

"Jangan suka menyinggung orang, kalau tidak mau disinggung"

Tidak ada komentar: