Senin, 08 Juni 2009

Hasil Polling: Ahmadinejad Masih Teratas





capress
Capress Iran
Dalam debat kandidat yang dilakukan secara live oleh televisi chanel 3 Iran, keempat kandidat presiden Iran telah menunjukkan kesiapannya untuk memenangkan pemilu. Mereka juga siap untuk mengungkapkan semua aset pribadi mereka ke kehakiman.

Mahmoud Ahmadinejad saat debat dengan Mehdi Karroubi hari Sabtu, 7/6/09 meminta kepada semua kandidat untuk mengungkapkan asset dan kekayaan pribadi. Permintaan Ahmadinejad ini disambut oleh keempat kandidat.
Salah satu pernyataan Ahmadinejad saat debat dengan Mehdi Karroubi adalah supaya setiap kandidat mengungkapkan asset pribadi dan kekayaannya kepada masyarakat.

Gholam Hossein Karbaschi, ketua umum tim sukses Karroubi di Teheran mengatakan, siap untuk membeberkan semua asset dan kekayaan pribadi Karroubi. "Semua anggota tim sukses Karroubi siap hadir dalam membeberkan daftar asset dan kekayaan pribadi, asalkan daftar asset yang merefisi bukan dari pemerintah, karena pemerintah tidak memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan itu," ujar Karbaschi, seperti di rilis dalam situs Tabnak.

Untuk itu Karbaschi merekomendasikan kepada badan independen untuk memeriksa aset dan kekayaan pribadi setiap kandidat. Masih menurut Karbaschi, komite yang dibentuk harus melakukan refisi kekayaan kandidat dihadapan perwakilan independen dari semua empat calon presiden.

Gholam Hoosein Karbaschi adalah tim kepala tim sukses Karroubi yang saat menjabat sebagai walikota Teheran pernah tersandung korupsi di jamannya Khatami.

Sementara itu, Mir-Hossein Mousavi, mantan perdana mentri yang juga mendapat dukungan Hashemi Rafsanjani, Khatami juga telah siap untuk mengumumkan asset dan kekayaan pribadinya.

Jamshid Ansari, penasehat Mousavi mengatakan, "Sebagian besar orang tahu Bapak Mousavi mempunyai asset dan kekayaan pribadi , sebagian kekayaan dan aset yang dimiliki oleh Bapak Mousavi sebagian untuk mendanai kampanye oleh karena itu, kami tak dapat menyiapkan daftar asset dan kekayaannya dalam waktu empat bulan. Untuk meverifikasi harta kekayaan Mousavi, Ansari meminta kepada kehakiman untuk merefisi asset dan kekayaan calon presiden dan dalam jangka waktu singkat. Tandas Ansari

Sekretaris umum dari Partai Keadilan dan Pembangunan Abdolhossein Rouholamini juga menyatakan kesiapannya untuk mengumumkan asset dan kekayaan Mohsen Rezaei.

Pemilihan presiden Iran kesepuluh ini dijadwalkan akan berlangsung Jumat 12 Juni 2009. Dari hasil polling dan jajak pendapat yang dilakukan oleh tebyan dan kayhan, Ahmadinejad masih calon terkuat dan menempati urutan pertama dari setiap poliing pasca debat dengan Mousavi. Dan urutan kedua Mir-Hossein Mousavi yang sebelum diadakan debat capres menempati urutan pertama.

Tidak ada komentar: