Rabu, 08 Juli 2009

Iran Siap Balas Setiap Serangan Musuh

Boroujerdi
Boroujerdi
Iran siap untuk mengambil aksi "nyata dan menentukan" apabila Israel menyerang fasilitas nuklirnya. Pernyataan ini disampaikan oleh Alaeddin Boroujerdi, kepala komite parlemen Iran untuk kebijakan luar negeri dan keamanan nasional, Senin (6/7). Pernyataan Alaeddin Boroujerdi disampaikan setelah Wakil Presiden AS Joe Biden mengisyaratkan Washington tidak akan ikut campur untuk menangkal kemungkinan serangan militer Israel ke Iran.
"Baik AS dan Israel sadar akan konsekuensi dari keputusan yang keliru itu," tegas Boroujerdi kepada beberapa wartawan di Kedutaan Besar Iran di Tokyo.

"Saya yakin respons kami nyata dan menentukan," kata Broujerdi tanpa merinci maksud pernyataannya itu.

Israel khawatir Iran tengah mengembangkan persenjataan nuklir untuk ditargetkan ke negara Yahudi itu. Sementara Iran membantah pihaknya berupaya mengembangkan persenjataan dengan dalih bahwa nuklir yang dikembangkannya ditujukan guna membangkitkan energi.

Pemerintah Israel telah menjelaskan keinginannya untuk menghentikan program nuklir Iran melalui diplomasi. Namun, Israel tidak menampik kemungkinan menggunakan serangan militer apabila upayanya itu tidak berhasil.

Dalam wawancaranya dalam program ABC, This Week, Ahad kemarin, Biden ditanya apakah AS akan melakukan intervensi apabila Israel memutuskan melancarkan serangan militer.

"Lihat, kami tidak dapat mendikte apa yang negara berdaulat lain dapat lakukan dan tidak dapat lakukan," jawab Biden.

Broujerdi juga mempertahankan aksi pemerintahannya yang menindak tegas terhadap para perusuh menyusul pilpres Iran belum lama ini.

Mir Hossein Mousavi dan Karroubi mengatakan, pemilu 12 Juni lalu yang dimenangkan presiden Mahmoud Ahmajinejad tidak sah dan penuh dengan kecurangan.

Boroujerdi mengatakan polisi Iran hanya bertindak untuk memulihkan keadaan menyusul kerusuhan and aksi protes yang dinilainya dipicu oleh Mousavi.

"Tidak ada kekacauan, (sekarang) ini adalah situasi benar-benar damai di Iran," katanya.

Tidak ada komentar: