Rabu, 15 Juli 2009

Pesawat Caspian Jatuh, Tewaskan 168 orang

Caspian Air
Caspian Airlines yang jatuh
TV nasional chanel 1 melaporkan, Pesawat Caspian dengan tujuan Tehran-Yerevan jatuh di dekat Provinsi Qazvin, barat Tehran dan menewaskan 168 orang penumpang.

Deputi Operasi kepolisian Republik Islam Iran, Brigjen II, Hossein Sajjadi Nia mengatakan, Seluruh penumpang pesawat Caspian yang berjumlah 168 tewas dalam kecelakaan tersebut. Pesawat ini terbang dari bandara Imam Khomeini Tehran menuju Yerevan, Armenia. Sajidi manambahkan, pesawat naas ini jatuh di kota Qazvin, barat Tehran.
Pesawat Caspian Airlines yang jatuhitu, sempat meledak dan membuat lubang atau kawah dengan kedalaman 10 meter.

Ini merupakan tragedi yang melibatkan pesawat Tupolev 154 ketiga sejak 2002. Dilaporkan, ini juga merupakan kecelakaan transportasi udara terparah sejak 2003 saat pesawat yang juga buatan Rusia, IIyushin II-76, jatuh.

"Ini merupakan tragedi besar di mana serpihan pesawat berserakan dalam area seluas 200 meter persegi," kata seorang petugas pemadam kebakaran kepada stasiun televisi chanel 6, Rabu (15/7/2009).

Dia menambahkan, ledakan pesawat menimbulkan cekungan sedalam 10 meter di tanah.

"Tidak ada yang bisa kami lakukan. Kami hanya mencoba memadamkan api sebisa mungkin," ungkapnya.

Sementara itu Massoud Jafarinasab, komandan polisi kota Qazvin menyatakan seluruh penumpang diprediksi tewas. "Tupolev benar-benar hancur total. Seluruh penumpangnya tewas," kata Jafarinasab.

Siaran televisi menunjukkan kawah kecil di tanah yang diisi dengan serpihan baja di sekitarnya. Asap masih mengepul dari lokasi sementara polisi dan petugas lainnya mengamankan lokasi.

Tidak ada komentar: