Kamis, 26 Maret 2009

Korut Siap Luncurkan Roket


Model rudal Scub-B Korea Utara dan rudal lain milik Korea Selatan dipajang di Museum Peringatan Perang Korea, di Seoul, Korsel, Selasa (3/2). Korut bersiap melakukan uji coba rudal jarak jauh, Taeodong-2, yang bisa mencapai target di Alaska, AS.

SEOUL— Korea Utara telah mempersiapkan roket Taepodong-2 di landasan pantai timur laut dan peluncurannya secara teknis siap dilakukan dalam tiga sampai empat hari ini.

Korea Utara telah menyatakan niatnya untuk meluncurkan satelit luar angkasa pada 4-8April. Namun, negara-negara Barat dan AS mencurigai Korea Utara akan menggunakan peluncuran ini untuk uji coba teknologi rudal terbaru dan akan menimbulkan keresahan.

Surat kabar Chosun Ilbo menyatakan, mata-mata satelit Amerika, Selasa lalu, mendeteksi posisi roket yang akan diluncurkan di landasan peluncuran Masudan-ni.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton mengatakan kepada wartawan, Rabu, saat berkunjung ke kota Meksiko, jika Korea Utara menembakkan roket untuk alasan apa pun, hal ini akan menjadi "tindakan provokatif". Itu akan berdampak negatif secara multinasional. Menurutnya, tindakan ini juga akan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Tidak ada komentar: