Jumat, 17 April 2009

Iran Beli Roket S-300 dari Rusia



Roket S-300
Roket S-300 buatan Rusia
Wakil Menlu Iran, Mahdi Safawi seperti yang dikutip oleh Press TV [04/16/09] dalam jumpa press mengatakan bahwa Iran telah menandatangani kontrak pembelian roket S-300 (roket bersistim canggih - advance missile system) dengan Rusia.
Tidak ada permasalahan dengan kontrak [S-300] ini", kata RIA Novosti dari Safawi diakhir kunjungannya ke Moskow hari Rabu kemarin.

"Kesimpulannya, ini hanya merupakan senjata pertahanan saja, setiap negara memiliki hak untuk membelinya. Saya percaya hal ini hanya akan mengkhawatirkan negara yang akan menyerang lainnya".

Komentar itu muncul ketika ada pengekspor senjata canggih Rusia yang menyatakan bahwa negara itu tidak akan mengirim senjata anti-pesawat terbang (anti-aircraft missile system) S-300 ke Iran.

Pernyataan diatas diperkuat oleh agen Berita Rusia Interfax hari Rabu kemarin dan mengatakan bahwa Alexander Fomin Wakil Direktur I Federal Military and Technical Cooperation Service menolak adanya pengiriman roket S-300 ke Iran.

Dikatakan bahwa truk pembawa S-300 PMU yang mampu bergerak 2km/menit, dan mempunyai kemampuan luncur atau pesawat terbang dalam jarak kejauhan 150 km (90 mil). Sistim ini sudah dapat menerima rekaman pesawat atau roket pada jarak 10 meter hingga 27 kilometer.

Tidak ada komentar: